12 Tips Sukses Product Launch

Product launch memiliki peran besar untuk suksesnya produk Anda pada masa setelah launch. Pada masa launch Anda membangun buzz (keramaian) supaya produk Anda dikenal dan dibicarakan banyak orang. Dan hasilnya tentu saja banyak yang beli dalam waktu singkat (masa launch biasanya 7 hari).

Jadi jangan heran kalau dengan strategi launch yang mantap dan produk yang keren, maka hasil puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan, belasan juta atau puluhan juta Dollar bisa dicapai dalam waktu sangat singkat, rata-rata sekitar satu minggu.

Sangat menggiurkan bukan?

Tapi sebelum saya membahas tips sukses product launch, baca lagi artikel saya sebelumnya (terutama bagi yang belum baca). Lihat bagian “bagaimana Anda bisa membuat produk digital sendiri”. Kenali potensi Anda, sehingga Anda akan bisa lebih mudah untuk melangkah lebih lanjut.

Tips Sukses Product Launch

Tips Sukses Product Launch

Oke, sekarang mari kita bahas beberapa tips sukses product launch.

 1. Produk yang bermanfaat

Tidak harus produk yang keren dan banyak fitur. Cukup produk sederhana yang bermanfaat, maka produk tersebut akan bisa diterima pasar. Namun jika Anda bisa membuat produk yang keren dan kaya fitur, tentu saja lebih bagus. Tapi ingat dengan waktu serta sumber daya yang Anda miliki, apakah Anda siap menghabiskan waktu dan tenaga pada produk yang kaya fitur, sehingga pengerjaannya pun membutuhkan waktu yang lama dan tenaga extra.

Jadi, buatlah produk yang bermanfaat. Ingat, tidak harus produk yang great dan kaya fitur. Apalagi Anda baru terjun di dunia digital product creation.

2. Produk yang memiliki value lebih dibandingkan kompetitor Anda

Inget pepatah ini “there is nothing new under the sun”. Jadi, produk Anda sebenarnya bukan produk yang benar-benar baru. Anda punya referensi produk sejenis yang sudah pernah ada.

Saya sarankan minimal Anda mendapatkan 3 produk sejenis sebagai bahan perbandingan dan referensi. Kemudian buat sesuatu yang lain dari 3 referensi tersebut, dan tentu saja memiliki minimal satu kelebihan atau keunikan. Misal: interface produk Anda lebih user friendly, produk Anda lebih murah, dan lain-lain.

3. Sales funnel

Sales funnel artinya serangkain produk yang Anda tawarkan, selain produk utama. Setidaknya Anda minimal memiliki satu produk lagi (backend product) yang Anda tawarkan setelah pembeli membeli produk utama (frontend product).

Backend product adalah produk yang memiliki nilai tambah dari frontend product. Jadi, bukan sesuatu yang lain, tapi lebih kepada melengkapi dan memberi value lebih.

Contoh, produk tentang custom video player. Kemudian backend product nya adalah tambahan fitur statistic dan split testing. Jadi, bukan sesuatu yang lain dan berbeda. Tapi saling terkait dan melengkapi.

4. Pre-launch

Suksesnya product launch Anda ditentukan oleh usaha yang Anda lakukan pada saat sebelum launch. Oleh karena itu pastikan produk sudah siap, sales page dan JV page sudah beres, semua beres 3-4 minggu sebelum launch.

Jika semuanya sudah siap, Anda akan lebih leluasa untuk mempromosikan JV page dan melakukan pendekatan kepada para JV dan affiliate.

5. Sales page yang convert

Kuncinya terletak pada sales letter copywriting, images dan screenshot, serta struktur konten. Dan juga yang lagi booming sekarang adalah VSL (Video Sales Letter).

Hal tersebut di atas adalah untuk menyampaikan pesan yang komprehensif kepada para pembaca/pengunjung tentang produk Anda. Bagaimana produk Anda adalah sebuah solusi buat mereka.

Ingat, para pembaca adalah orang yang baru mengenal produk Anda. Jadi pastikan sales page Anda memuat informasi tentang produk Anda dengan selengkap dan sebaik mungkin.

6. JV page yang menarik

Jangan sepelekan ini, perlakukan JV page seperti Anda memperlakukan pada sales page.

Semakin manarik dan professional sebuah JV page, maka para affiliate dan JV akan lebih respek.

JV page harus memiliki konten berikut:

  • Produk detail
  • Affilite link
  • Sales funnel info
  • Optin form untuk JV
  • Swipes atau promo material
  • Track record Anda sebelumnya (jika ada)
  • JV contest info
  • Pre-made bonuses
  • Contact info (Skype, Email, atau Facebook)

7. Promosikan JV page Anda dan lakukan pendekatan ke beberapa potensial JV

Lakukan ini beberapa minggu sebelum launch. Dengan demikian Anda memiliki para ‘pejuang’ yang akan mendatangkan traffic ke website penawaran Anda. Para affiliate dan JV yang mendatangkan traffic, dan tugas utama Anda adalah memastikan bahwa traffic tersebut tidak sia-sia, artinya traffic tersebut membuahkan sales dan Anda meng-optimasi conversion rate supaya semakin tinggi. Maka affiliate dan JV akan senang.

8. Lakukan split test dan optimasi sales page pada saat awal masa launch

Lakukan split test dan optimasi sales page pada 3 hari pertama masa launch. Atau bahkan bisa kurang dari 3 hari, tergantung dari traffic. Asalkan Anda sudah mendapatkan winner sales page dari hasil split test dan optimasi tersebut.

Kemudian hentikan split test dan gunakan sales page winner, yang memiliki konversi terbaik.

Elemen penting yang perlu dilakukan split test adalah headline dan subheadline. Elemen lain bisa juga dilakukan split test, misal button, cover produk, Call To Action, dll. Tapi headline dan subheadline adalah wajib displit test.

9. Lagi, Promosikan JV page Anda dan lakukan pendekatan ke beberapa potensial JV

Kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. Fokus Anda adalah menunjukkan data dan statistic bagus dari produk Anda. Misal conversion ratenya bagus (di atas 7%), EPC nya gede (di atas $3), bilang sudah banyak affiliate berbondong-bondong untuk promo, infokan kontes baru (biasanya daily contest), dll. Sehingga para JVs dan affiliate yang belum promo akan merasa ketinggalan dan sayang jika tidak ikut promosi. Dan yang sudah promo mau melakukan promosi lagi.

10. Lakukan retargeting ads

Lakukan retargeting ads untuk para pengunjung sales page produk Anda selama masa launch. Konten iklan Anda bisa berupa scarcity, diskon, atau kelangkaan produk Anda karena akan ditutup (sementara) setelah masa launch berakhir.

Bisa juga berupa content bridge page (pre-sell page), misal bonus page, review page, video review, video testimonial, studi kasus, dan lain-lain.

 11. Customer service yang memuaskan

Ini penting agar produk Anda berikutnya bisa diterima dengan hangat. Agar Anda menjalin relationship yang baik dengan customer Anda. Agar refund rate menjadi sangat rendah. Agar customer puas dan para affiliate pun puas.

 12. Catat checklist action Anda

Dari proses dan strategi di atas, tentu saja tiap bagian akan ada beberapa checklist action. Jangan diingat, tapi dicatat! Saya pribadi menggunakan Wunderlist untuk catatan checklist pribadi saya. Juga gunakan kertas untuk corat-coret dan mencatat hal lain yang diperlukan.

Siap Action?

Strategi dan tips tersebut di atas adalah yang telah saya lakukan pada beberapa 6-figure launch saya. Sekarang giliran Anda. Siap action?

Tapi… saya tidak sekonyong-kongyong launch pertama kali kemudian menghasilkan 6-figure Dollar. Walaupun 6-figure pertama saya dapatkan pada launch pertama saya di JVZoo. Tapi sebelumnya saya pernah launch berkali-kali di Warriorplus.

Sama seperti Anda, namanya juga pertama kali terjun. Launch pertama saya cuman laku 8 sales, launch kedua cuman 54 sales.

Ingat, $100,000 itu dimulai dari $1 dan 10.000 list itu dimulai dari 1 email list. Sebelum Anda bisa berlari, pasti Anda telah melewati belajar merangkak dan berjalan. Saya tidak terlahir dengan memiliki 10.000 email list, saya pun tidak terlahir dengan memiliki $100,000. Semua itu dimulai dari NOL.

Saya dan Anda adalah sama! Yang membedakan hanya: siapakah yang mau action.

Kenali potensi Anda

Kenali potensi Anda dan fokus pada potensi dan kekuatan tersebut.

  • mungkin Anda kuat di VSL
  • atau kuat di copywriting sales letter
  • kuat di JV relationship
  • kuat pada product creation yang memiliki fitur keren dan mantap
  • kuat di customer relationship
  • kuat di skill komunikasi
  • kuat di design
  • kuat di conversion rate optimization
  • kuat di manajemen
  • kuat di leadership
  • kuat di strategi bisnis
  • kuat di Internet marketing dan traffic generation
  • dan lain-lain

Untuk bisa menyentuh 5 sampai 6 digit Dollar product launch tidak harus sempurna dan menguasai semuanya. Ingat pepatah ini: “DONE is better than perfect”.

Dunia semakin canggih, saya rasakan itu! Semakin memudahkan bagi para pelaku bisnis online, asalkan Anda action dan cerdas menggunakan teknologi.

Silahkan share artikel ini ke teman-teman Anda melalui website social media. Saya sudah sediakan share button (facebook, gplus, twitter, dll) di bawah. Supaya semakin banyak yang merasakan manfaatnya. Jangan Anda simpan sendiri, hehe 😀

Juga beritahu saya pesan dan kesan Anda setelah membaca artikel ini, silahkan tinggalkan komentar pada form Facebook comment di bawah.

Pada artikel berikutnya saya ingin berbagi cerita. Bagaimana launch pertama saya di JVZoo berhasil menyentuh 6 digit Dollar. Tak pernah terbayangkan oleh saya untuk menyentuh 1000 sales. Seribu sales adalah angka di luar perkiraan saya, tapi ternyata saya dikasi lebih.

Silahkan klik button ‘Cerita Dibalik 6-Figure Product Launch‘ di bawah.

Download Product Launch Mastery Mindmap

Download GRATIS! Product Launch Mastery Blueprint

Ingin sesuatu yang lebih komprehensif? Ingin mendapatkan panduan komplet sehingga Anda bisa segera memulai?

Kebetulan telah saya buatkan untuk Anda strategi di balik 6-FIGURE digital product launch dalam bentuk mindmap. Silahkan download di sini.

Dengan diagram mindmap blueprint tersebut, maka Anda akan bisa memahami konsep dan strategi digital product launch dengan lebih mudah dan cepat. Gunakan mindmap tersebut sebagai panduan saat Anda meluncurkan sebuah produk.

Share artikel ini ke teman-temanmu, sharing is caring!
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
0Pin on Pinterest
Pinterest
0Share on LinkedIn
Linkedin
Email this to someone
email
  • Article 2 of 4 - Klik tombol di bawah untuk artikel berikutnya!50%

Anda siap action?
Siap merancang dan meraih 1 Milyar pertama Anda?
Action apa yang akan segera Anda mulai sekarang?

Tinggalkan komentar Anda: